Minggu, 24 Oktober 2010

Haji 2006 - Bir ali, miqat dari Madinah

Bagi jamaah yang lebih dulu ke Madinah, miqot diambil dai masjid Bir Ali. Letaknya berada di luar kawasan suci Madinah. Diangun dengan arsitektur yang khas.
Sebagian kisah menceritakan nama Bir Ali berasal dari kata bir atau sumur. Nama Ali sendiri diambil dari sahabat/menantu Nabi yang merupakan yang dikenal sebagai khalifah ke-4. Dari cerita yang berkembang, pada saat itu daerah tersebut masih banyak perompak yang berasal dari kalangan manusia dan jin. Ali yang jago berperang menghadapinya dengan gagah berani. Jin-jin dimasukkan ke dalam sumur agar tidak keluar lagi.

Arsitek Masjid Bir Ali sungguh menawan laksana benteng kokoh dengan menara pengawas di sudut-sudutnya. Masjid terdiri atas bangunan luar yang ibarat benteng. Bangunan dalam diperuntukkan bagi yang ingin mengambil wudu. Bangunan utama tempat salat.

Kami mengambil miqot disini pada saat umroh. Tidak banyak yang aku ingat miqot di masjid ini karena hanya 1 kali mengunjungi. Bangunannya ada di tengah padang pasir sehingga di siang hari masjid masjid selalu terpanggang matahari.

0 komentar:

Posting Komentar