Minggu, 26 Juli 2009

Benda Paling Kotor Di Sekeliling kita

Secara tidak sadar, setiap hari kita bersentuhan dengan berbagai barang yang ternyata sangat berbahaya karena penuh dengan kuman dan baksil yang tidak kita sadari. Jika saja kita bisa membawa mikroskop kemanapun kita pergi, dan bisa melihat pergerakan kuman yang ada pasti kita bakal ogah memegang barang-barang yang ada di dalam daftar dibawah ini:

Sabun
Mungkin tempat paling kotor di dunia adalah kamar mandi umum, apalagi yang jarang dibersihin. Tapi mungkin karena namanya juga terpaksa, akhirnya kita datang juga dan menuntaskan panggilan alam yang kita miliki. Tapi kita merasa aman, karena apa? ada sabun cair yang bisa kita pakai sehabis pakai kamar mandi tadi. Apakah lebih aman? Belum tentu, malah salah besar. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Jonathon Sexton mengungkapkan bahwa tiap kali kita memompa, hampir seperempat sabun tadi isinya adalah bakteri. Masalahnya adalah tempat sabun yang bisa diisi tadi, yang penuh dengan bakteri yang beterbangan dari toilet yang kotor tadi.
Selain itu satu hal lagi yang harus anda ingat adalah bahwa kran kamar mandi adalah tempat paling kotor juga, ingat kan bahwa sebelum membasuh tangan, kita akan memutar kran terlebih dahulu bukan, dengan tangan kotor yang belum bersabun? Setelah itu, apakah pernah anda berpikir untuk membasuh kembali kran yang ada? Setelah itu, barulah kita meraih sabun tadi dengan cara memompanya? jadi tombol pompa tadi kotor banget dong? jawabannya: IYA!

Uang
Boleh percaya boleh tidak, uang yang kita pegang sehari-hari ternyata banyak sekali mengandung banyak sekali barang berbahaya dan bahkan narkoba. Boleh percaya atau tidak, pada saat dilakukan penelitian pada uang kertas di seluruh dunia, lembaran dollar Amerika ternyata mengandung banyak sekali narkoba. Beberapa bahkan mengandung 1300 mikrogram kokain murni!

Intinya, anda akan tahu betapa uang kertas yang ada ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap apapun yang bersentuhan dengannya, dengan tangan siapapun, dan apapun yang sedang ditangani oleh orang tersebut. Jadi entah anda menerima kembalian dari tukang potong daging, atau bahkan mungkin dari penjaga wc umum, kebayang dong, apa yang bisa nempel di uang kertas tadi?

Ingat, dompet yang anda simpan di deket tubuh anda tadi kan deket banget dengan badan anda, dan badan anda mengeluarkan panas, sekaligus keringat yang akan jadi tempat yang paling baik buat tumbuh berkembangnya bakteri, persis di tempat anda menyimpan uang, yang panas sudah penuh bakteri.. jadi.. uang kotor banget dong? IYA!

Pakaian kotor
Mungkin anda tidak pernah tahu, bahwa dalam pakaian dalam manapun, sebersih apapun pemakainya, selalu ada setidaknya 0.1 gram kotoran dalam bentuk apapun. Dengan kata lain pakaian dalam manapun yang anda pegang, akan siap menghantarkan bakteri E. Coli penyebab disentri ke badan anda, kapanpun anda pegang pakaian tersebut.
Anda bisa mencuci pakaian dengan menggunakan pemutih dan air panas, dan anda akan membantu sekali mengurangi jumlah bakteri yang masih nempel di pakaian. Jadi dengan kata lain, jika anda mencuci pakaian berbarengan dengan pakaian dalam, maka pakaian anda akan tetap saja kotor, apalagi jika boneka kesayanganan anda juga ikutan dicuci? ya.. selamat deh ya!

Keyboard Komputer
Pada saat anda membaca (dan saya mengetik) kita tentunya pake komputer kan? dan apalah komputer kalo nggak ada keyboard. Memang terkadang perusahaan memberikan obat pembersih untuk membersihkan keyboard yang ada, tapi masalahnyak, apakah keyboard komputer kita sebersih itu? Nggak juga! Ingin tahu perbandingannya:
Tempat duduk toilet kantor, rata-rata memiliki 49 kuman per inci persegi, tapi keyboard kita? 3.925 kuman per inci persegi, hampir 900 kali lipatnya! Jadi dengan kata lain, lebih mending anda memegang tempat duduk kamar mandi kantor daripada anda memegang keyboard anda!
Mungkin anda bertanya bagaimana mungkin? jawabannya sederhana, kamar mandi toilet di bersihkan secara teratur, masalahnya tidak dengan keyboard yang kita gunakan. Jadi dengan kata lain, semua kotoran yang kita sentuh, akan terkumpul dengan sendirinya di keyboard komputer kita selama berminggu-minggu sampai kita bersihkan kembali.
Jadi mungkin anda adalah orang yang paling hati-hati di kamar mandi, bersihkan tangan dan kaki, bersihin semuanya sampai ke tempet duduk toilet disabunin dulu, tangan di cuci dulu sampai bersih total, terus anda balik ke meja, ngetik dengan bahagia, bales postingan terus nyomot donat dan dengan bahagia makan donat.. kotor? BANGET!!!!

Telepon Anda
Mungkin alat yang tidak anda sadari berada dalam bahaya invasi kuman juga adalah HP anda. Hal ini juga tidak akan mengejutkan, karena hampir semua orang menekan HP ke telinga dan mulut secara bersamaan. Ingat bahwa tempat duduk toilet mengandung 49 kuman per inci persegi? Coba anda tebak, berapa telepon kantor anda yang ada di atas meja anda? 25.127 kuman per inci persegi. Sekitar 10 kali lipat keyboard, atau 9 ribu kali lipat lebih kotor daripada tempat duduk toilet kantor anda!
Jadi dengan kata lain, nasib anda yang bekerja sebagai Customer Service yang menerima telepon dari pelanggan dan menghabiskan banyak waktu dengan mendengarkan keluh kesah pelanggan, atau front officer yang banyak menerima telepon masuk, adalah orang yang paling banyak mendapat resiko sakit

Mulut Anda
Sebagian besar kotoran yang muncul di hari ini dapat dilacak asalnya, apa lagi kalau bukan dari mulut manusia. Bayangkan, mulut anda, hangat, basah dan selalu kontak dengan dunia luar setiap kali anda membukanya. Kemudian anda terkadang punya kebiasaan buruk menggigiti pensil, kuku, atau kadang membiarkan sisa makanan masih nempel digigi. Kotor banget kan?
Sebagai perbandingan, jika tempat duduk toilet memiliki 49 kuman per inci persegi, berapa banyak mulut kita? Para ahli mengatakan bahwa jumlah kuman yang ada adalah 'jutaan' tanpa pernah bisa memastikan jumlahya. Tapi yang jelas, mulut kita mengandung minimal 700 macam bakteri yang jumlahnya jutaan tadi..
Maka, tidak heran, jika anda digigit manusia, maka rasa sakitnya akan lebih kuat daripada digigit hewan. Bukan berarti bahwa mulut anjing atau kucing lebih bersih, bukan, tapi memang mulut manusia adalah tempat yang tepat untuk menginfeksi manusia lain.
Jadi dengan kata lain, ketika kita berbagai sendok, atau berbagi rokok, atau bergantian menggunakan gelas, bisa dipikirkan betapa banyaknya kuman yang anda sebarkan.


So...mulai sekarang berhati-hati dengan tempat-tempat tersebut yaaa....

0 komentar:

Posting Komentar