Rabu, 02 Januari 2013

Pantai Mempersona

Pantai adalah tempat favorit kebanyakan orang untuk menghabiskan liburannya. Untuk bermain air, surfing, snorkeling atau pun bermain pasir di pinggir pantai. Pasir yang indah adalah pertimbangan para wisatawan untuk mengunjungi sebuah pantai.

Bagaimana jika pasir pantai memiliki warna di luar kebiasaan? Jika biasanya pasir pantai berwarna putih, hitam atau cokelat, ada beberapa pantai yang memiliki warna pasir yang luar biasa.

Efek ini disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kandungan mineral yang terdapat di dalamnya dan berbagai macam hal lainnya. Mari kita lihat pantai-pantai tersebut, dimulai dari kesejukan Hawaii hingga kemilau California.


Quote:Pantai Papakolea, Hawaii
Quote:

Spoilerfor IMG:

Pantai Papakolea yang kaya akan mineral olivin (salah satu unsur utama yang dihasilkan oleh endapan lava gunung berapi di Hawaii) memiliki sebuah lekukan yang nyaris seperti kerucut silinder dengan pasir berwarna hijau tua yang surealis, terhampar bagai sebuah padang rumput. Pantai ini dapat Anda temukan di sebelah selatan Big Island, terlindungi oleh sebuah bukit yang cukup tinggi.

Quote:Pantai Pfeiffer, California
Quote:
Spoilerfor IMG:

Di malam hari, ketika sinar bulan memantul perlahan-lahan, maka partikel mangan yang mewarnai pasir hingga terlihat ungu akan tampak bercahaya, dan pantulannya di permukaan air tampak seperti aurora.

Terbentang dari sebelah selatan pantai hingga membentang ke utara, warna pasir secara bertahap akan tampak makin pekat. Di siang hari, warnanya juga masih tampak mempesona.


Quote:Pantai Harbour Island, Bahamas
Quote:
Spoilerfor IMG:

Pasir di kawasan Harbour Island terbuat dari formula alam yang terdiri dari sedikit serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, serta tambahan bahan rahasia berupa kandungan Foraminifera, amuba mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah atau pink cerah.

Dengan kesabaran yang hanya dimiliki oleh alam, proses jutaan tahun menghasilkan butiran pasir pantai yang tampak indah, merona merah muda.


Quote:Pantai Fort Bragg, California
Quote:
Spoilerfor IMG:

Lokasi yang suatu ketika pernah menjadi tempat pembuangan sampah ini kini telah menjelma menjadi salah satu pantai buatan manusia yang paling menakjubkan di dunia.

Proses pasang surut pantai yang telah berjalan selama beberapa dekade telah menghaluskan pecahan-pecahan kaca hingga menjadi butiran kristal bergerigi yang nyaman di kaki.

Hamparan kerikil kaca yang bersekongkol dengan butiran pasir Fort Bragg adalah salah satu destinasi wisata yang harus anda kunjungi diantara semua gelimang menyilaukan Kota California


Quote:Pantai Punalu'u, Hawaii
Quote:
Spoilerfor IMG:

Punalu'u Beach adalah yang paling banyak dikunjungi dari beberapa pantai pasir hitam di Hawaii's Big Island dan pasir hitam yang memukau sebenarnya adalah batu vulkanik, disimpan sebagai lahar dan kemudian didinginkan ketika bertemu dengan laut. Katanya untuk mengambil pasir akan mengakibatkan Anda dikutuk oleh dewi gunung berapi dengan nama Pele.


Quote:Pantai Papakolea, Hawaii
Quote:
Spoilerfor IMG:

Salah satu dari hanya 2 pantai pasir hijau di dunia yang benar-benar luar biasa.Pantai Papakolea dapat ditempuh melalui perjalanan ke distrik Ka'u Hawaii. Sekali lagi, yang unik dari pasir warna dapat dikaitkan dengan aktivitas gunung berapi - khususnya, rona hijau disebabkan olivin kristal yang telah diproduksi sebagai hasil dari kerucut gunung berapi dekatnya yang meletus dan erosi.


Quote:Pantai Hyams, Australia
Quote:
Spoilerfor IMG:

Anda mungkin perlu memakai kacamata hitam ketika mengunjungi Pantai Hyams di New South Wales, Australia, tidak hanya karena matahari, namun karena silau oleh pasir yang sangat putih. Pantai ini tercatat di Guinness Book of Records sebagai pantai berpasir paling putih.


Quote:Pantai Kaihalulu, pulau Maui
Quote:
Spoilerfor IMG:

Anda tidak akan menemukan banyak pantai di tempat lain di dunia dengan pasir berwarna merah seperti yang satu ini. Kaihalulu, atau Red Sand Beach, terletak di pulau Maui dan dapat mengucapkan terima kasih kepada tetangga, bukit cindercone yang intens mengakibatkan warna merah.


Quote:Pantai Pink, Indonesia
Quote:
Spoilerfor IMG:

Pantai Pink di Pulau Komodo, Flores, NTT, ini sudah sangat terkenal. Pantai berpasir pink ini pun menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Komodo, selain bertemu dengan komodo. Traveler yang sudah datang ke sini juga mengenalnya dengan sebutan Pink Beach.

Jatuh cinta! Itulah yang detikTravel ungkapkan saat melihat Pink Beach beberapa bulan lalu. Pantai cantik ini berada di sisi kiri Pulau Komodo. Letaknya pun berada di balik bukit dan membuat pantai ini semakin terpencil.

Dari perairan, pasir ini memang terlihat normal seperti pasir pada umumnya, yaitu berwarna putih dan bersih. Tapi ini baru pandangan pertama, coba saja melihat pasir pantai ini lebih dekat! Saat ombak menggapai dan menjilat pantai, bentang pasir pun terlihat berwarna pink.

Sama seperti Pantai Tangsi, Warna pink yang mendominasi pasirnya, besar berasal dari pecahan kerang dan biota laut yang hidup di sana. Pesona di Pantai Pink semakin sempurna ketika pasirnya berkilau terkena cahaya matahari. Lepas laut yang berwarna biru jernih, seperti lapisan transparan yang memperlihatkan kecantikan bawah lautnya.

Penasaran dengan kecantikan dua pantai ini? Masukan kedua pantai ini dalam daftar liburan Anda! Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan dua pantai cantik dan unik ini.

0 komentar:

Posting Komentar