Selasa, 03 Desember 2013

SPEECH WRITER.....

6 tahun sudah menjadi speech writer BOD di kantor saya, namun menulis pidato hari ulang tahun kantor yang ke 36 ini mat agak menghangat dan badan agak merinding. Istimewa memang, karena inilah ulang tahun terakhir dari perusahaan tempat saya mencari nafkah. Apakah perusahaannya dibubarkan ? oh... bukan, perusahaan ini mau bertransformasi menjadi sebuah lembaga badan hukum publik tentunya dengan kapasitas bisnis yang lebih luas.

Kembali ke penulis pidato, awalnya saya tidak yakin apakah ini tugas yang menarik atau tidak. saya hanya menjalaninya dan berusaha menulis dengan sebaik-baiknya. Namun statemen barrack Obama yang sangat mengapresiasi  konseptor pidatonya Jonathan Favreau yang melahirkan slogan "Yes I can" untuk presiden Amerika yang pernah tinggal di Indonesia membuat tumbuh rasa cinta pada tugas ini. Seorang Obama yang yang cerdas mampu menyampaikan seluruh ide dengan ramuan kata yang memukau berkat bantuan Jonathan. Seorang Jonathanlah yang membantu membuat pidato-pidato Obama ditunggu-tunggu konstituennya.

Saya tidaklah sehebat Jonathan, saya juga belum tentu bisa mengadopt ide-ide bos saya yang sangat cerdas, tapi saya tetap berupaya ketika menuliskan pidato untuk beliau, saya mengalami sedikit "trasedental", saya berusaha memposisikan beliau dan mind set saya mencoba dibentuk apa yang seharusnya disampaikan oleh seorang pemimpin tertinggi di perusahaan ini. Saya juga harus memikirkan posisi beliau sebagai "orang tua" untuk seluruh karyawan yang menasehati, mendorong atau jika diperlukan juga "menegur" mereka yang keluar dari rel yang ditentukan. 

Alhamdulillaah tugas saya membuat saya selalu berada di dalam sebuah diskusi orang-orang hebat di perusahaan ini sehingga selalu ada saja ilmu yang saya peroleh. Tugas sebagai notulen membuat saya harus menyimak, merangkai arah perbincangan dan menyimpulkannya sebagai sebuah kesimpulan-kesimpulan strategis di perusahaan ini. Saya sadar bahwa apa yang sudah dilakukan belum lah maksimal, oleh karena itu setiap hari adalah belajar, belajar dan belajar untuk lebih meningkatkan apa yang sudah dilakukan.

Kelak ke depan, perusahaan ini akan berubah, sudah barang tentu tugas inipun akan terus melekat. Dengan demikian saya akan tetap jadi salah satu saksi sejarah tumbuhnya perusahaan ini dari waktu ke waktu.  Dan hari ini saya membuat pidato terakhir ulang tahun Jamsostek kami tercinta..... seperti juga pesan ulang tahun yang saya garis bawahi bahwa "Tuhan Bersama Para Pemberani..." Berani masuk ke dalam perubahan, berani mengatasi perubahan sampai batas perubahan yang diharapkan. Semoga....


0 komentar:

Posting Komentar