Senin, 01 Maret 2010

Mari Bercemin Pada Cody

Namanya ialah Cody McCasland.

Pada tanggal 2 Okt 2002, dokter memutuskan utk mengeluarkan sang janin Cody dari rahim ibunya, krn sang janin tidak lagi mengalami perkembangan. Cody dilahirkan secara Cesar, dan saat itu juga ayahnya melihat ada kelainan pada tubuhnya. Cody hanya memiliki 4 jari di kaki kanannya. Dokter memintanya agar tdk segera memberitahu istrinya, krn dia masih berada di kamar bedah. Dokter juga memberitahu bahwa kondisi Cody tdk stabil dan peluang hidupnya tipis. Utk itu Cody dipindahkan ke RS lain. Setelah menjalani 23 hari di RS dan 15 kali operasi, Cody-pun diperbolehkan utk dibawa pulang.

Sehari sebelum hari Thanksgiving 2001, Cody berhenti bernafas saat di rumah sehingga Tina, ibundanya, memberikan nafas buatan sampai petugas paramedis datang.
Cody-pun akhirnya bisa bernafas kembali dan dikirimkan ke RS Anak. Naas, krn RS tsb tdk memiliki dokter spesialis, shg saat Cody sampai di RS tsb. dia langsung dipindahkan ke RS lain. Di RS tsb Cody kembali menjalani 15 kali operasi, dan hrs tinggal di RS selama 3 minggu.

Desember 2001 Cody dibawa ke Texas Scotties Rite Hospital for Children. Dokter menyatakan bahwa Cody hrs menjalani serangkaian operasi kembali, salah satunya ialah utk mengamputasi kaki kanannya sampai ke lutut, krn. Cody didiagnosa tidak memiliki tempurung lutut (tibia) shg jika tidak diamputasi-pun, dia tetap tidak bisa berjalan. Saat itu dokter masih menunggu perkembangan kaki kirinya. Operasi pertamanya ialah membetulkan posisi pinggul kanannya.

Januari 2002 Cody kembali dilarikan ke RS Anak Dallas, krn ada masalah di perutnya. Ternyata bekas operasinya yg terdahulu mengalami perlengketan. Akibatnya dia harus tinggal di RS selama 10 hari.

Setelah itu Cody masih harus keluar masuk RS dan menjalani berbagai operasi krn bermacam keluhan seperti infeksi dan asma. Bahkan pada November 2002, berdasarkan pemeriksaan MRI, akhirnya diputuskan bahwa kaki kiri Cody hrs diamputasi krn memiliki masalah yg sama spt kaki kanannya.
Utk itu kemudian disiapkan beberapa kaki palsu utk mendukung setiap kegiatan Cody.

Keterbatasannya tdk menghalangi keceriaannya di dalam melakukan setiap aktivitas. Dia adalah anak yg sangat aktif berolahraga. Baik itu menunggang kuda, senam, sepakbola, renang, lari, golf, terbang layang dan berbagai olahraga lainnya.

Saat ini Cody berumur 7 tahun dan sudah duduk di kelas 1 SD. Dia gemar berenang, bermain hockey dan memainkan piano. Dia berharap suatu saat nanti dia bisa mewakili USA di Olimpiade utk cabang lari marathon atau triathlon. Di musim panas tahun lalu Cody mengikuti lomba lari 60 meter dan 100 meter, serta lomba renang 25 meter gaya bebas dan gaya punggung pada University of Central Oklahoma Endeavor Games (yaitu perlombaan utk orang-orang yg memiliki kekurangan fisik), dan memenangkan medali emas di tiap cabang yg dia ikuti. Di bulan Oktober Cody akan mengikuti Lomba Triathlon di San Diego. Kemudian di bulan Desember Cody akan mengikuti lomba marathon di Dallas White Rock Marathon.

Saat ini Cody sangat aktif di dalam membagi kisah hidupnya di berbagai komunitas serta mempromosikan Texas Scottish Rite Hospital for Children serta Chalenged Athletes Foundation. Dia berharap bahwa kehadirannya di depan publik bisa membangkitkan semangat setiap orang yg sedang mengalami hambatan di dalam hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar